3 Cara Mengobati Anyang Anyangan Secara Alami

Cara Mengobati Anyang Anyangan Dengan Herbal

Cara Mengobati Anyang Anyangan-, Ayang-anyangan merupakan kondisi dimana seseorang merasa ingin membuang air kecil yang muncul secara terus menerus sering dikaitkan sebagai infeksi saluran kemih. Orang yang mengalami hal ini dibayangi perasaan tidak nyaman, ketika kencing akan mengeluarkan sedikit air kencing dan bahkan juga di sertai dengan nyeri.

Cara Mengobati Anyang Anyangan

Penyakit anyang-anyangan bisa dialami oleh wanita dan laki-laki. Tapi kebanyakan yang sering terkena penyakit ini adalah wanita, hal ini disebabkan oleh jarak antara saluran air kemih ke saluran pembuangan air besar berjarak dekat dibandingkan dengan laki-laki. Resiko wanita terkena penyakit ini dalam hidupnya mencapai 50%.

Gejala Anyang-anyangan

Cara Mengobati Anyang Anyangan ,- Gejala awal anyang-anyangan ini memang selalu merasa ingin buang air kecil. Bukan hanya itu,  perbedaan anatara orang yang mengalami anyang-anyangan dengan orang yang sehat adalah orang yang menderita anyang-anyangan ketika melakukan buang air kecil akan merasakan nyeri pada saluran kemihnya, sedangkan orang yang normal tidak mengalami itu semua. Rasa sakit yang dialami oleh penderita anyang-anyangan sama seperti penderita batu ginjal.

Berikut gejala yang dialami oleh penderita anyang-anyangan :

  • Mengalami demam.
  • Merasa lelah dan kurang sehat.
  • Selalu ingin buang air kecil.
  • Sering buang air dengan mengeluarkan volume urine yang keluar sedikit.
  • Nyeri pada pinggul jika terjadi pada wanita.
  • Menimbulkan gejala nyeri pada anus jika terjadi pada laki-laki.
  • Saat buang air kecil merasakan nyeri.

Dengan mengetahui gejala tersebut anda dapat melakukan pencegahan sebelum terjadi lebih parah lagi. Jika anda mengalami hal tersebut segelarah periksakan.

Penyebab Anyang-anyangan

Cara Mengobati Anyang Anyangan ,- Beberapa faktor penyebab penyakit anyang-anyangan ini muncul adalah akibat bakteri yang menyebabkan infeksi pada saluran kemih. Mungkin ada sebagian wanita yang sering membilas kemaluan dari belakang kedepan setelah buang air kecil, Segeralah hentikan kebiasaan tersebut karena menyebabkan anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih. Hal ini disebabkan oleh bakteri E.coli yang berada di anus masuk ke saluran kemih.

Selain itu masih ada beberapa penyebab terjadinya anyang-anyangan, diantaranya :

  1. Kuman

Salah satu penyebab seseorang terkena anyang-anyangan adalah kuman. Kuman yang masuk ke dalam saluran kemih bisa menyebabkan anyng-anyangan. Untuk itu jagalah kebersihan saat anda buang air kecil atau saat anda ke kamar mandi.

  1. Chlamydia

Bakteri ini merupakan penyebab wanita mengalami anyang-anyangan. Hal ini karena bakteri chlamydia ada pada vagina. Saat wanita mengalami keputihan bakteri itu bisa masuk ke dalam saluran kemih dan menyebabkan wanita terkena keputihan.

  1. Alergi

Anyang-anyangan yang menyerang pria disebabkan oleh faktor alergi. Alergi ini disebabakan oleh lendir atau cairan yang ada pada vagina pasangan anda setelah melakukan hubungan seksual. Pencegahan terhadap cairan keputihan wanita ini penting dilakukan oleh laki-laki agar tidak mengganggu aktivitas seksualnya bersama dengan pasangannya.

  1. Kurang Menjaga Kebersihan

Penyebab timbulnya anyang-anyangan selanjutnya yaitu kurangnya menjaga kebersihan organ intim terutama sebelum dan sesudah berhubungan. Bakteri maupun kuman yang terdapat didalam organ intim dapat masuk kedalam saluran kantung kemih jika tidak dibersihkan sebelum atau sesudah berhubungan intim dan dapat beresiko terkena penyakit ini.

  1. Struktur Organ intim yang tidak normal

Penyebab seseorang terkena anyang-anyangan salah satunya adalah karena struktur organ intim yang tidak normal. Misalnya struktur itu adalah refluks urine yang lebih tinggi dibandingkan dengan saluran kemih bisa meningkatkan tekanan hidrostatik. Tekanan tersebut dapat menimbulkan infeksi saluran kemih.

  1. Dehidrasi

Dehidrasi juga bisa menjadi penyebab seseorang mengalami anyang-anyangan. Hal ini karena saat seseorang dehidrasi dia akan memproduksi sedikit urine. Semakin dia membiarkan tubuhnya dehidrasi, produksi urine akan semakin sedikit dan menyebabkan orang tersebut mengalami kesulitan buang air kecil.

Itulah penyebab terjadinya anyang-anyangan. Cara agar terhindar dari penyakit tersebut yaitu dengan selalu menjaga pola hidup sehat.

Bahaya Anyang-anyangan

Bahaya anyang-anyangan ini jiga tidak diobati dapat membawa resiko yang serius, seperti rusaknya ginjal akibat infeksi gunjal akut atau kronis, terutama pada anak-anak.  Anyang-anyangan ini juga bisa terjadi pada wanita hamil, hal ini terjadi disaat usia kehamilan membesar dan kandungan tersebut akan menekan kantung kemih. Kantung kemih yang tertekan tersebut akan menimbulkan rasa ingin buat air kecil terus menerus.

Penyakit anyang-anyangan pada ibu hamil jika tidak dengan segera obati dapat menyebabkan resiko bayi lahir prematur atau bayi lahir dengan berat badan yang rendah. Untuk itu segeralah memeriksakan diri apabila gejala penyakit ini tidak sembuh dalam beberapa hari.

Cara Mengobati Anyang Anyangan Dengan Herbal

Untuk bisa mendapatkan Cara Mengobati Anyang Anyangan biasanya dengan memperbanyak minum air putih, namun selain itu dapat dilakukan dengan menggunakan cara tradisional atau dengan bahan alami. Berikut cara mengobati anyang-anyangan dengan bahan alami.

  1. Jeruk Nipis

Untuk mengatasi anyang-anyangan anda dapat meminum perasan air jeruk nipis. Caranya siapkan jeruk nipis, kemudian peras dan masukan kedalam air hangat dan tambahkan gule pasir secukupnya, lalu aduk sampai merata stelah itu minum. Lakukan hal ini secara rutin sampai anda merasa baikan.

  1. Kumis Kucing

Selain dengan jeruk nipis anda juga bisa menggunakan kumis kucing, sama halnya dengan jeruk nipis yaitu anda cukup meminum air rebusan kumis kucing dengan teratur.  Caranya keringkan kumis kucing, kemudian kumis kucing yang sudah kering tersebut seduh dengan memakai air panas dan tambahkan gula, stelah itu anda tinggal meminumnya.

  1. Buah Sirsak

Buah sirsak juga bisa mengobati penyakit anyang-anyangan, cara membaatnya cukup mudah yaitu pertama kupas buah sirsak lalu rebus dengan campuran gula pasir secukupnya dan ditambah 2 gelas air, rebus hingga matang dengan semourna, kemudian angkat dan tiriskan buah sirsak dan saring air rebusan lalu minum dengan rutin setiap hari.

Itulah beberapa pengobatan dengan menggunakan bahan alami. Lakukan hal tersebuy dengan teratur sampai anda merasa baikan.

Sumber: http://www.bewarasehat.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *